SELAMAT DATANG KAWAN

SELAMAT DATANG DI BLOG PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ICT

Selasa, 25 November 2014

Tutorial Aplikasi BkChem Dalam Pembelajaran Kimia


BKChem
   

   BKChem adalah software Ubuntu untuk pelajaran kimia yang dikemas dengan fitur. Mendukung, menurut tim pengembang website: gambar ikatan molekul, panjang ikatan dan pembatasan sudut untuk membantu dengan gambar, siap untuk menggunakan template umum, mendukung warna, grafik vektor sederhana (persegi panjang, lingkaran, poligon, dan lain – lain) serta lainnya.
Mengedit juga mudah dengan kemampuan unlimited undo dan redo, menyelaraskan, scaling, rotasi (2D, 3D), menyelaraskan molekul, rotasi fragmen molekul , definisi dari gambar (panjang ikatan, lebar, warna).
BKChem memiliki kemampuan ekspor untuk SVG (data asli secara transparan tertanam ke dalam file SVG), OpenOffice Draw format, ODF (OpenOffice 2.0), Encapsulated PostScript, PDF, PNG, dukungan dasar untuk kedua CML1 dan CML2, Molfiles dan generasi SMILES. Dapat juga mengimpor CML1 dan CML2, Molfiles, SMILES (subset) dan inchi (subset). BkChem diterjemahkan dalam bahasa Inggris, Perancis, Ceko, Polandia, Jerman dan terjemahan Tradisional Cina.



    1. Buka aplikasi BKchem

    There are 5 main sections: Main menu, Action menu, Text line with its buttons, Drawing   section and Status bar section. 

             Nahh,,nanti akan muncul tampilan seperti ini.


         2. A square at the end of a bond indicates possibility of joining another bond, or typing chemical        formula on keyboard, which is then placed instead of a square.




3. One of the basic functions of every program-UNDO, is available in edit menu or by CTRL-Z shortcut

 

4. After choosing object-scale, you can change a size of an object. Three useful options are available

 


5. There´s a bond symbol in action menu, but a bond could be drawn several ways. Colour squares   indicates:Green:Angle between 2 bonds; Red:bond order; Blue:Style; Yellow:Fixed/Nonfixed length



6. These are the basic shortcuts, it will be usable in almost every / every editor

 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar